Sabtu, 05 Maret 2011

MAKALAH ALIRAN MU'TAZILAH


PENDAHULUAN

Bismillahirahmanirrahim…

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, iradat serta hidayah-Nya, sehingga penyelesaian tugas setiap individu pada Mata Kuliah Ilmu Kalam ini dapat terselesaikan, meskipun masih membutuhkan revisi ulang.
Dalam penyusunan tugas ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi motivasi dan perhatian, secara khusus penulis sangat berterima kasih untuk teman tercinta. Penulis juga menyampaikan terima kasih kepada Bpk. Ardiyansyah,M.Fil.I. selaku Dosen Pembimbing, atas bimbingan dan arahan sehingga tugas ini dapat terselesaikan.
Penulis menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik, konstruktif, dan saran yang positif untuk mengacu kepada kesempurnaan tugas-tugas selanjutnya. Akhirnya penulis berharap tugas ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amien…….


Jember, 24 Oktober 2010

Penulis


FIRQOH-FIRQOH DALAM ILMU KALAM
“ALIRAN MU’TAZILAH”

A.    Asal-usul Kemunculannya.

Menurut harfiahnya, asal kata dari mu’tazilah ialah kata إعْتـَزَلَ " " yang mempunyai makna berpisah atau  memisahkan diri, menjauh atau menjauhkan diri. Secara teknis, istilah mu’tazilah menunjuk pada 2 golongan, yakni:
1.      Golongan Mu’tazilah I, yakni sebagai golongan yang respon politiknya murni. Dimaksudkan dmikian karena golongan ini tumbuh sebagai golongan yang netral politik. Mereka bersikap lunak terhadap pertentangan yang terjadi antara ali dan lawan-lawannya.
2.      Golongan Mu’tazilah II, yakni golongan sebagai golongan ynag respon persoalan teologis yang berkembang di kalangan khawarij dan murji’ah, akibat adanya peristiwa tahkim. Mereka muncul karena berbeda pendapat dengan khawarij dan murji’ah tentang pemberian status kafir kepada orang yang berbuat dosa besar.

Secara pemikiran teologi islam, asal-usul kemunculan aliran mu’tazilah ini diawali dengan penstatusan pelaku dosa besar.

B.     اْلأُصُوْلُ اْلخَمْـسَةُ (lima ajaran dasar teologi Mu’tazilah)

1. التَّوْحِيْدُ (peng-Esaan Tuhan)

Tauhied adalah dasar agama islam yang pertama dan utama. Sebenarnya tauhied ini bukan monopoli aliran mu’tazilah saja, tetapi ia menjadi milik setiap orang islam. Hanya saja aliran mu’tazilah mempunyai tafsier yang khusus, sedemikian rupa dan mereka mempertahankannya, sehingga mereka menekan diri mereka sebagai Ahlul Adli Wat Tauhied.
Tauhied yang mereka pakai itu merupakan prinsip utama dalam aliran Mu’tazilah. Sampai-sampai mereka menolak konsep-konsep sebagai berikut:
Tuhan memiliki sifat. Hal yang mereka percayai, sifat ialah sesuatu yang melekat. Sedangkan Tuhan (dalam hal ini Allah), ialah قـَدِيْمٌ (Dzat yang terdahulu). Penggambaran fisik (antromorfisme tajassum). Mereka berlandaskan atas firman Allah, yakni:
لَيْسَ كَمِثـْلِهِ شَيْءٌ ( ا لشورى : ۹ )
Yang artinya: “ tak ada satu pun yang menyamai-Nya”. ( Asy-syura : 9 )

Tuhan dapat dilihat dengan mata karena Tuhan merupakan immateri (tidak tersusun dari unsur, tidak terikat oleh ruang dan waktu, dan juga tidak berbentuk). Jadi dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa sangat tampak betapa aliran mu’tazilah itu menyusun jalan pikirannya secara filosofis yang jilimet, dan kadang bertentangan dengan apa yang sudah ditanamkan dalam keyakinan kita sebagai seorang muslim.

2. العَدْ لُ (Tuhan Maha Adil/adil)

Allah itu selalu adil dalam tiap-tiap janji-Nya. Oleh karena itu, aliran Mu’tazilah percaya akan adanya surga dan neraka yang merupakan salah satu balasan dari janji Tuhan mereka.
Di dalam ajaran dasar yang kedua ini, dipercayai akan adanya keterkaitan yakni: Perbuatan manusia ® Manusia melakukan dan menciptakan perbuatannya sendiri terlepas dari kehendak dan kekuasaan Tuhan, secara langsung ataupun tidak. Dan yang terpenting ialah Tuhan itu hanya menyuruh kepada hal yang baik.
الصحيح والأصح (الأصلح) (Berbuat baik dan terbaik). Disini Tuhan itu memiliki kewajiban untuk berbuat baik , bahkan yang terbaik bagi manusia.
Mengutus Rasul merupakan kewajiban Tuhan, karena alasan-alasan sebagai berikut :
1.      Tuhan wajib berlaku baik kepada manusia dan untuk mewujudkannya maka Tuhan mengutus rasul kepada mereka.
2.      Tuhan memberi belas kasih kepada manusia. (Asy-syu’ara : 29), cara terbaik ialah dengan mengutus rasul.

Tujuan diciptakannya manusia ialah beribadah kepada-Nya. Jalan untuk berhasil mencapai tujuan tersebut ialah mengutus rasul.

3. الوَعْدُ وَالْوَعِـْيدُ   (janji dan ancaman).

Tuhan berjanji akan memberi pahala dan mengancam akan menjatuhkan siksaan, pasti dilaksanakan, karena Tuhan sudah menjanjikan demikian. Siapa yang berbuat baik maka dibalas dengan kebaikan dan sebaliknya mereka yang berbuat kejahatan akan dibalas dengan kejahatan pula. Sebagaimana yang mereka (aliran mu’tazilah) katakan:
ثُمَّ رَبَطُوْاالَّثـوَابَ وَالْعِقَابَ بِالأَعْمِالِ رَبَطًا حَتْمًا, وَغَلاَ بَعْضُهَمْ فِى الَّتعْبِـيْرِ فَـقَالَ ؛ يَجِبُ عَلىَ اللهِ أنْ يُثـْبِتَ الْمُطِيْعَ وَيُعَاقَبَ مُرْتَكِبَ الْكَثِيْرَةِ, فَصَاحِبُ الْكَبِيْرَةِ إذَا مَاتَ وَلَمْ يَتُبْ لاَيَجُوْزُ أنْ يَعْفُوَااللهُ عَنْهُ لأَنَّهُ أوْعَدَ بِالْعِقَابِ عَلىَ الْكَبَائِرِ وَأخْبَرَ بِهِ. فَلَوْلَمْ يُعَاقِبْ لَزَمَ الْخَلْفُ فِى وَعِيْدِهِ, وَلأَنَّ الـَّطاعَاتِ وَالأَمْرَ بِهَا وَالْمَعَاصِى وَالـَّنهْيَ عَنْهَا. (هذا قول الإعتزال أي لقوم المعتـزلة)
Yang artinya: ”kemudian mereka menghubngkan dengan ikatan yang kuat antara pahala dan siksaan itu dengan amat perbuatan. Sebagian Mu’tazilah keterlaluan pendiriannya, mengatakan: wajib bagi Allah memberi pahala bagi orang yang taat dan menyiksa orang berdosa besar. Orang yang berdosa besar apabila meninggal dan tidak bertaubat, Allah tidak boleh mengampuninya, karena Allah telah mengancam siksaan atas orang yang berdosa besar. Kalau seandainya tak menyiksanya, berarti Allah mengingkari ancaman-Nya. Taat kepada-Nya adalah perintah dan maksiat adalah larangan-Nya. (perkataan iktizal atau kaum mu’tazilah).
Jadi, jika kita berlaku baik dan tidak melanggar apa yang telah tuhan berikan, maka Tuhan akan memberikan semua janji-janji-Nya, yakni Surga. Berlaku begitu juga sebaliknya siapa yang melanggar maka neraka selalu menanti.
Kata-kata تَوْبَة ًًنَصُوْحًا (taubat yang sebenar-benarnya) itu berlaku dalam aliran mu’tazilah. Ini bertujuan mendorong manusia agar berbuat baik dan tidak berbuat dosa.

4. الْمَنْـزِلَةُ بَيْنَ الْمَنْـِزلَتـَيْنِ   (tempat diantara dua tempat).

Washil bin Atho’ mengatakan bahwa seorang muslim yang melakukan dosa besar selain musyrik dan belum sempat bertobat, maka ia tidak dikatakan mukmin dan tidak juga kafir.Tetapi  Ia dianggap fasik, yang mana fasik itu terletak antara iman dan kafir. Sebagaimana yang telah diucapkan oleh aliran iktizal (kaum mu’tazilah) ialah:

إِنَّ الْكَبَائِرَ بَعْضَهَا يَصِلُ مِنْ كِبْرِهِ إلىَ حَدِّ الْكُـفْرِ, فَمَنْ شـَبَّهَ اللهُ بِخَلْقِهِ أوْ جَوَّزّهُ فِى حُكْمِهِ أوْ كَذَّبَهُ فِى خَبَرِهِ فَقَدْ كَفَرَ, وَهُنَاكَ كَبَائِرُ أقـَلُّ مِنْهَا الْمَنْزِلَةُ. وَهَذِهِ الْكَبَائِرُ يُسَمَّى مُرْتَكِبُهَا فَاسِقًا, وَالْفِسْقُ مَنْزِلَة ٌ بَيْنَ الْمَنْزِلَتَيْنِ, لاَ كُفْرَ وِلاَ إيْمَانَ, فَـالْفَاسِقُ لَيْسَ مُؤْمِنًا وَلاَ كَافِرًا, بَلْ هُوَ فِى مَنْزِلَةٍ بَيْنَ الْمَنْزِلَتَـيْنِ. ( هذا قول الإعتزال أي لقوم المعتـزلة )
Yang artinya: “sesungguhnya dosa besar sebagiannya sampai ke batas kufur. Barang siapa yang menyerupakan Allah dengan makhluk-Nyaatau memperbolehkan sesuatu yang diharamkan atau mendustakan firman-Nya dia benar-benar kufur. Ini adalah dosa besar, paling sedikit berada pada suartu tempat. Dosa-dosa besar ini pelakunya dinamakan fasiq. Fasiq itu berada pada suatu tempat di antara dua tempat, tidak kufur dan tidak pula beriman. Orang yang fasiq bukan mukmin bukan pula kafir, tetapi dia berada pada suatu tempat di antara dua tempat. (perkataan iktizal atau kaum mu’tazilah).
Maka dari perkataan di atas bahwa yang dimaksud bukan mukmin mutlak karena keimanan menuntut adanya kepatuhan kepada Tuhan. Bukan pula kafir mutlak karena ia masih percaya kepada Tuhan, rasul-Nya dan masih mengerjakan pekerjaan yang baik. Jika sebelum meinggal belum bertobat, maka ia akan kekal di dalam neraka selamanya.
Fasik juga akan disiksa dengan dimasukan ke dalam neraka. Namun, siksanya lebih ringan dari pada kafir. Inilah yang mendorong agar manusia tidak menyepelekan perbuatan dosa, terutama dosa besar.

5.الأَمْرُ بِالْمَعْـرُوْفِ وَالنَّهْيُ عَنِ الْمُنْكَرِ  (‘amar ma’ruf nahi mungkar).

Prinsip ini lebih banyak berhubungan dengan taklif dan lapangan fiqih daripada lapangan tauhied. Tapi sejarah menunjukkkan betapa gigihnya kaum mu’tazilah itu mempertahankan Islam, memberantas kesesatan, untuk melaksanakan suatu ‘amar ma’ruf nahi mungkar. Sebagaiman yang telah difirman oleh Allah SWT.:
 وَلْتَـكُنْ مِّنْكُمْ أمًّة ٌ يَّدْعُوْنَ إِلىَ الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ قلى وَأولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنِ (أل عمران ؛ ١٠٤)
Dari ayat dia atas terdapat syarat-syarat yang harus mukmin penuhi dalam melaksanakan amal ma’ruf nahi munkar ini, yaitu :
1.      Mengetahi bahwa yang disuruh ialah ma’ruf (benar) dan yang dilarang ialah munkar (kejelekan).
2.      Mengetahui kemungkaran telah nyata dilakukan orang.
3.      Mengetahui perbuatan amal m’ruf nhi munkar  tidak membawa mudarat yang lebih besar.
4.      Mengetahui/menduga bahwa tindakan tidak membahayakan dirinya ataupun hartanya.

Yang perlu digaris bawahi bahwasannya dari aliran Mu’taziah ialah dalam setiap melaksanakan ajaran-Nya termasuk dalam hal ‘amar ma’ruf nahi mungkar, mereka tidak segan-segan menggunakan kekerasan, meskipun terhadap sesama golongan Islam, karena mereka berpegang teguh dengan pendapat mereka, meskipun bertentangan dengan apa yang difirmankan oleh Allah ta’ala di atas. Dengan kata lain jika memang diperlukan kekerasan maka mereka akan menempuhnya.
Sampai sejarah telah memberikan ciri-ciri khusus daripada kaum Mu’tazilah, yaitu: suka berdebat, terutama dihadapan umum. Mereka yakin akan kekuatan akal fikiran yang mereka miliki, karena itulah mereka suka berdebat dengan siapa saja yang berbeda pendapat dengannya.

C.    Tokoh-Tokoh dalam Aliran Mu’tazilah.

Pergerakan Mu’tazilah yang berada di Bashrah, pada permulaan abad II H, dipimpin oleh:
1.      Washil bin athan (m. 131 H).
2.      Amr bin Ubaid (m. 144 H).

Pergerakan Mu’tazilah yang berada di Bashrah, pada permulaan abad III H, dipimpin oleh:
1.      Abu al-Hudzail Al Allaf (m. 235 H).
2.      Ibrahim bin Sayyar An Naddham (m. 221 H).
3.      Abu Basyar Al Marisi (m. 218 H).
4.      Ibnu Al Mu’ammar (m. 210 H).
5.      Abu Ali Al Juba’i (m. 313 H).

Pergerakan Mu’tazilah yang berada di Baghdad, dipimpin oleh:
1.      Basyar bin Al Mu’tamar
2.      Abu Musa Al Murdan
3.      Ahmad bin Abi Dawud (m. 240 H).
4.      Ja’far bin Mubasysyar (m. 234 H).
5.      Ja’far bin Harib Al Hamdani (m. 235 H).

Adapun ulama-ulama yang terkenal dan berpengaruh dalam aliran Mu’tazilah, yaitu:
1.      Utsman Al Jahiz (m. 255 H), mengarang kitab Al Hiwan.
2.      Syarif Radli (m. 406 H), mengarang kitab Majazul Qur’an.
3.      Abdul Jabbar bin Ahmad, lebih dikenal dengan Qadlil Qudlot, mengarang kitab Syarah Ushulil Khamsah.
4.      Zamakhsyari (m. 528 H), mengarang kitab tafsir Al Kasysyaf.
5.      Ibnu Abi Haddad (m. 655 H), mengarang kitab Syarah Najhul Balaghah.

















DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Ameen, Dluha Islam, Juz III, cet. VII, Nahdhatul Misriyah, Kairo, tt.
NASIR, Sahilun A., Haji,_____ Pengantas Ilmu Kalam, Ed. 1, Cet.1. __ Jakarta: Rajawali, 1991.
JOESOEF SOU’YB, Peranan Aliran Iktizal Dalam Perkembangan Alam Pikiran Islam, cet. 1. Jakarta Pusat, Pustaka Alhusna, 1982.

Tidak ada komentar: