Jumat, 04 Maret 2011

curah malang adalah desa tempat kelahiranku


NAMA                  : DENI
ALAMAT              : CURAHMALANG – RAMBIPUJI – JEMBER
MAHASISWA  JURUSAN DAKWAH STAIN JEMBER
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Gelandangan juga Butuh Perhatian
Sudah saatnya para gelandangan mengubah nasibnya dengan uluran tangan pemerintah yang tak lain adalah harapan terakhir mereka, mengingat tempat tinggal yang kumuh dan mandipun juga jarang, para gelandangan alias tuna wisma sebenarnya juga tak menginginkan kehidupan yang seperti itu, mungkin karena sudah nasibnya demikian kebanyakan yang dikatakan mereka.
Jika dilihat, banyak tempat – tempat yang dihuni oleh para tuna wisma, seperti dibawah kolong jembatan, pinggir jalan, di pasar – pasar tradisional, dll. ini sebagai pertanda bahwa kehidupan mereka sungguh jauh dari kelayakan dalam hidup. sebenarnya jika mereka berpendidikan dan mengenyam pendidikan, mungkin dapat sedikit banyak merubah jalan hidup mereka. tapi sayangnya tak ada fasilitas dan perhatian dari berbagai lapisan, kebanyakan mereka terisolasi ( dibelakangkan ) dari kehidupan khalayak ramai, mereka juga manusia yang butuh akan rumah, makan, pekerjaan, dan hidup sejahtera di muka bumi ini, mereka juga ingin berinteraksi dengan berbagai golongan dalam masyarakat, tapi kebanyakan orang yang bertemu dengan gelandangan justru membenci dan jijik karena melihat mereka kotor dan bau, sebenarnya kejadian seperti ini harus menambah rasa iba dan ingin menolong mereka serta mengasihi mereka.
Kalau dilihat dengan hati nurani, sebenarnya tidak ada keadilan dalam hidup ini, jika ada para gelandangan hidup serba kekurangan sedangkan kita sebagai orang serba berkecukupan membiarkan mereka menderita, dalam sehari makanpun belum tentu. ini sungguh kehidupan yang sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan yang memiliki hati dan jiwa penolong.  
Kenyataan ini tidak hanya terdapat di daerah terpencil tapi juga banyak terdapat di daerah perkotaan seperti yang sudah dipublikasikan dalam berbagai media, masalah ini masih jauh dari perhatian masyarakat yang sudah berkehidupan mapan serba ada, oleh karena itulah haruslah ada perhatian dari pemerintah baik yang ada ditingkat desa, kota maupun pusat, demi tercapainya kehidupan yang seimbang dalam masyarakat.
Dalam memenuhi kesejahteraan para gelanandangan, bisa dengan usaha meningkatkan kemampuan cara berpikir mereka lewat pendidikan, penyuluhan, serta membuat lapangan pekerjaan bagi mereka, ini merupakan perhatian yang luar biasa jika memang mau untuk di realisasikan oleh pemerintah dan pihak yang berjiwa sosial.

Tidak ada komentar: